Selasa, 23 Juni 2009

Catatan Perjalanan Liburan Sehari di Akhir Kelas XI

setelah seminggu melakukan ujian akhir untuk kenaikan kelas.. biasanya di sekolahku mengadakan piknik atau karyawisata bareng sekelas-an, sebelum nantinya bagi rapor. nah agenda liburan buat XI IPA VI kali ini adalah ke BALIKPAPAN!! pagi itu gue udah bersiap untuk perjalanan gue. sekitar pukul 6.30 gue berangkat dari rumah menuju kesekolah, karena bis yang akan gue naikin nunggu di sekolah.. nyampe di sekolah gue sempet bingung nyariin bis gue. untungnya ada Arief yang manggilin gue dari jauh jadi gue ketemu deh bis-nya. udah di bis, gue duduk bareng Dhanie.. beberapa menit kemudian bis pun jalan setelah Nirmala dan Seta naik terakhir. so, diperjalanan yang dipenuhi dengan tikungan, ga kerasa karena mp3 player menemani. tapi, tetep aja kalah sama suaranya Parno dibelakang yang keren abis.. jadilah gue ngedengerin mereka nyanyi aja.. seiring berjalannya waktu, kelakuan temen-temen yang duduk di bangku belakang makin susah diterima oleh akal sehat. tebak mereka ngapain? yup! mereka maen kartu remi ditengah jalan yang berlika-liku.. alhasil tak lama mereka jadi pada pusing semua. Agung yang semula gelisah pengen ikut maen, jadi mengurungkan niatnya.. dijalan Dhani tumben diem aja. katanya seh supaya ga pusing.. namun apa daya untuk yang tak tahan. korban pun mulai berjatuhan. Fitri mulai terlihat tak ada semangat hidup, Alvin mulai tak bisa membedakan antara kartu SIM dan kartu remi, dan lain-lain.

hampir 3 jam kami duduk di bis, akhirnya sampailah ke tujuan pertama gue, yaitu 'the Plaza Balikpapan'.. tadinya gue ma Dhani sepakat bilang ngapain sih kesitu toh cuma mall biasa. tapi karena yang laennya mau, apa boleh buat. gue pun jalan bareng Dhani. tujuannya sih pengen nyari sandal buat maen-maen di pantai ntar. tapi Sherly ngajakin makan dulu di A&W, ya udah jadi kita makan dulu.. sebelum kesitu, gue ma Dhani ke toilet dulu. nah, disitu udah kaya pasar karena banyak banget anak SMANSA yang nimbrung. akhirnya dengan gaya arogan seperti biasanya, Dhani bilang gini ke gue, "Zal, kog banyak banget orang hari ini kesini?? darimana sih?". Gue yang ngerti maksudnya langsung ngejawab, "tau tuh Dhan. dari Samarinda kali!". dengan hal ini pun kami sukses untuk tidak terlihat sebagai anak smansa.. hehehe.. lanjut, kami pun nyampe ke A&W dan langsung mesen makanan. ga disangka, eh! ketemu Aulia ma cowoknya..
gue bareng Dhani mesen MOZZA Burger. tapi, karena lg abis. gue terpaksa nunggu beberapa menit sedangkan Dhani langsung dapet. setelah nentuin seat. kami mulai makan.. di meja yang sama juga ada juga Arief dan Agung.. bosen nunggu gue pun ngeliatin Dhani makan.. dan (sori ya dhan sebelumnya) gue pun ga bisa nahan untuk ketawa ngeliat dhani makannya gitu. udah kaya ade' kecil, belepotan di sana sini. haha! gue pun di interupsi ma Dhani. katanya, "susah tau makannya, zal!".
ga lama, burger gue pun dateng dan dhani langsung nantang gue. dia nantang apakah gue bisa mengha biskan sebuah burger itu dengan rapi dan bersih.. gue pun nerima dan hasilnya gue ga bisa!! ternyata memang bener-bener susah melakukannya. dari kejadian ini, lahirlah..

MOZZA BURGER CHALLENGE!!
siapa yang bisa makan mozza burger dengan rapi tanpa belepotan, maka dia hebat dan keren sekali..
dibuka untuk umum


ok, back to the story. abis makan gue ma Dhani ke hypermart buat beli sandal dan langsung balik ke bis untuk tujuan selanjutnya. nyampe di tujuan kedua, CARRIBEAN WATER PARK. disini gue dan temen-temen langsung deh nyebur ke kolam renang! sialnya bagi gue, pas gue pengen pake google waktu renang, eh karetnya putus lagi..T_T
disitu gue jadi ngajarin Dhani dan Parno berenang. mungkin karena baru belajar, Dhani blom biasa di air dan protes, "aku kan bukan makhluk air!!". tapi, so far so good. Dhani berhasil nguasain teknik dasarnya. sisanya gue, Dhani, Nirmala dan Puput nyobain slider-slider bareng. intinya maen disini : SERU!!

lanjut ke destinasi ketiga, PANTAI LAMARU. selesai makan siang, gue dan Dhani sepakat pengen nyobain naek BANANA BOAT. yang ternyata Sherly, Lisa, Devi dan Dian juga berpikiran sama. jadilah kami naek bareng. tapi, berhubung lagi dipake semua kita naek perahu dulu deh muter-muter. asik sih. kita serasa bulan madu bareng.. (yang mau liat video cruising-nya, liat aja di facebooknya dhani)..

abis turun dari kapal, yang laen pengen beli sunglass juga kaya aku, lisa, devi dan dian. dan jadilah kita sunglass community!! abis itu back to the beach, kita nego harga dan akhirnya naik ke salah satu BANANA BOAT-nya.. kapal pun jalan setelah beberapa menit gangguan. wuhuu! seru sekali menikmati sensasi deru angin melewati tubuh dan memandan laut saat berada diatasnya. tapi, setelah beberapa putaran kami mulai merasa aneh? kog ga ada jatohnya?? segera kami pun teriak-teriak, "JATOHIN OM!! AYOO! JATOHKAN KAMI!!" sambil miringin badan ke kiri dan ka nan supaya jatoh. fiuuh.. setelah berapa lama si om pun ngerti apa maksud kami. akhirnya kami dijatuhkan tepat di tengah lautnya!! wuihh! keren sekali!! sensasi jatuhnya tidak tergantikan.. hahaha.. gue tenang aja pas jatuh, tapi sherly heboh langsung megang gue! trus katanya sherly sih gue nendang kepalanya dia(sori sher!), dan Dhani nendang kepalanya Lisa.. hehe.. weizz,, Dhani juga terlihat tenang! wohoho.. great job Dhan! now you can swim..

so, masih seru sampai terakhir.. dibarengi sunset kami meninggalkan pantai dan pulang ke rumah.. namun baru saja sekitar 800 meter kami meninggalkan bibir pantai, Arief teriak, "LOH! DOMPETKU MANA??! WADUH KETINGGALAN DI PANTAI!!". dan tentu saja sontak semua kaget dan bis pun berhenti. dia pun turun cari tumpangan untuk ke pantai lagi.. trus, kupikir kayaknya ga disana deh. paling ditempat dia terakhir berdiri, di pintu bis. dan bener aja, setelah ga dapet tumpangan dan kembali ke bis dengan wajah sedih.. trus gue bilang coba cek disitu menunjuk pintu bis. taunya, "NAAH!! INI DIAA! HEHEE.. sori ya teman-teman", kata si Arief yang senyum sumringahnya kembali..
dan akhirnya bis jalan lagi sampai ke samarinda..


nah, itulah sekelumit keseruan yang terjadi di liburan kemaren. buat yang ga ikut, jangan sedih.. tahun depan ikut lagi yah! OK!

PENATARAN PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA (PPPBN) DI KOREM 091 AJI SURYA NATA KESUMA KALIMANTAN TIMUR

hmm.. gue baru memasuki masa liburan neh!! nah pokoknya sebulanan ini gue libur nih. tapi, liburan kali ini gue ga kemana-mana karena gue agak sibuk ngurusin ini-itu deh. terlebih gue jadi panitia MOS tahun ini..
ceritanya baru lewat sehari gue libur sekolah,, gue diajakin temen gue untuk ikut PPPBN. waktu pertama denger sih, ga mau ikut. soalnya diundangannya tertulis, "dibutuhkan fisik yang prima". nah gue langsung berimajinasi yang macem-macem deh tuh! seperti gue disiksa sama om-om tentara.

eh ternyata setelah gue memutuskan ikut karena tergiur oleh piagam penghargaannya(itung-itung nambahin CV gue), acaranya sama sekali bukan berbentuk pelatihan fisik, tapi berbentuk penyuluhan dan penataran gitu. acaranya berlangsung 3 hari. dari tanggal 16 sampe 18 juni. tadinya gue takut ini bakalan ga rame. tapi ternyata, sumpah ini menyenangkan banget-bagi gue sih-karena disini gue dapet banyak banget ilmu yang keren banget dan ga semua orang dapetin. gue dapet ilmu tentang satuan bela negara, filsafat pancasila, sejarah bangsa, bendera merah putih dan lagu kebangsaan, kedisiplinan, dll. banyak deh!! dari hari pertama gue ngerasa sedih banget tentang gimana keadaan bangsa Indonesia sekarang. gue udah mulai-mulai emosi ni.. karena ternyata bangsa kita sebegitu menyedihkannya. nah tapi, itu hanya sebagian kecil dari rasa yang gue dapet lewat acara ini. gue jadi semakin bangga sama bangsa ini.

trus, gue juga jadi dapet support buat jadi dokter dari TNI loh. ceritanya waktu pelajaran HIV/AIDS, si dokter TNI nanya siapa yang bisa menjelaskan tentang HIV/AIDS. gue pun jawab setahu gue kan. trus selesai gue jawab, si dokter nanya, "namanya siapa dari sekolah mana?". gue jawab, "aldi dari SMAN 1". Trus dibales lagi, "cita-citanya apa?". gue, "blom tau". dokternya langsung bilang, "jadi dokter aja, kamu hebat udah bisa menjelaskan seperti itu". weiisss... gue langsung terbang.

haha, anyway inti dari acara ini gue dapet. gue jadi sadar bahwa saat ini adalah saat dimana gue dan yang lain sebentar lagi akan memegang tongkat estafet perjalanan bangsa ini. gue jadi punya misi untuk memperbaiki dan memajukan bangsa ini!! pokoknya perjalanan gue demi bangsa baru saja dimulai..

Selasa, 02 Juni 2009

Desperate In Words

kenapa kadang aku merasa semua yang kulakukan itu gagal??
atau memang aku seorang yang gagal??

kadang aku juga berpikir apakah memang ini jalan hidupku??
selalu berteman dengan kekalahan...

atau kenapa kadang hidup ini ga seenak hidup orang lain yang kulihat??
apa itu memang sudah digariskan??


jujur, kadang aku capek!
aku capek menghadapinya...
rasanya aku pengen berlari dari dunia ini,, dan menangis sendirian..
menangis dan sedih..

disaat aku sangat berharap,,
entah itu tentang apapun..
pada akhirnya aku selalu bertemu dengannya..
suatu kata yang selalu dipinggirkan..
KALAH!!

seketika itu juga, aku merasa hidup ini ga adil??
kenapa harus aku??
kenapa disaat aku berharap ia takkan datang?
namun disaat aku tak berharap, pasti ia datang??
tapi, lagi-lagi rasa itu harus aku pendam sendiri..
disini, di dalam hatiku..

dan pada hari itu, benar saja..
sama seperti cerita yang lalu!
aku KALAH.. ya, kalah untuk yang kesekian kali,,,
aku berusaha ikhlas dan tegar sekuat yang aku bisa..
namun aku juga manusia,,
di malam itu aku menangis dalam kesendirianku..

kalau iri itu ga dosa, aku pengen banget iri sama kakakku sendiri..
ia tak pernah heboh ikut ini itu..
ga seperti aku!
namun, sudah banyak kebanggaan yang ia beri pada ayah ibuku..
mereka pun bangga menceritakan kakakku..
walaupun waktu aku menangis di depan mereka kemaren,
merekan berkata, "kamu gini juga kami sudah bangga"..
namun tetap saja itu tidak sama..

pada saat itu, aku sudah mengerti dengan baik..
aku telah mengerti apa tugasku.
dan aku tau itu berat..

tapi, aku yakin! aku yakin dan percaya pada diriku sendiri..
aku yakin aku bisa, yah.
"aku bisa" terus kukatakan dalam hatiku..
sampai aku benar-benar percaya akan hal itu.

namun, di akhir hari itu pula..
aku menjadi orang yang paling goyah dalam hidupku..
seketika aku berkata, "ya ampuuun,, siapa sih aku ini??? sampai segitu PD-nya sama diri sendiri..."
sejak itu, aku sering diam dan berpikir,,
"mungkin ada benarnya juga kata-kata itu. coba deh kamu pkir sendiri, kamu itu cuma siswa biasa, ga punya kelebihan yang cukup.. tapi, kenapa bisa segitu PD-nya pada dirimu sendiri "
hari-hari itu pun kulewati dengan diam...

selintas dipikiranku bahwa jika yang ada ditempat dan waktu itu bukan aku,, mungkin hasilnya akan berbeda..
aku sempat menyalahkan diriku sendiri akan hal itu..
aku kecewa pada diriku sendiri..

aku (masih belum) sadar benar siapa aku ini.. apa aku memang sehebat itu?? dan se-PeDe itu??
biarlah waktu yang akan menjawabnya..
karena aku telah pulang, dan mencoba menerima kekalahanku...

YA ALLAH,, aku ingin menjadi orang yang berhasil.. dan membahagiakan mereka..

PS : Ini catatan yang gue bikin pas SMA. Jadi kalau terkean agak labil gitu ya mohon maaf yee.