Rabu, 20 Oktober 2010

Last Year On High School : It's Time To Make Decision

here am i, berdiri sekarang dengan tujuan yang lumayan jelas. Haha.. maksudnya gue mau cerita mengenai sedikit perjalanan hidup yang rasanya bisa gue bagi ke orang-orang.

masih inget dengan impian gue yaitu pengen kuliah di fakultas BIOLOGI! ya biologi. kalaupun enggak alternatifnya adalah kuliah di fakultas DESAIN, tepatnya di Desain Komunikasi Visual. hanya dua itu yang ada dipikiran gue selepas gue lulus dari SMA dengan hasil yang sangat memuaskan (kalau boleh dibilang). dan harus kuliah DI LUAR KOTA SAMARINDA! haha.. ya tapi itulah mimpi gue.

selepas SMA, gue udah segera mempersiapkan diri untuk tes masuk perguruan tinggi impian gue. ada dua perguruan tinggi yang gue incer : Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. dan tambahan ada satu peluang sekolah yang juga gue incer, yaitu Beasiswa kuliah di Jepang. singkat kata pergilah gue ke jakarta demi tes masuk perguruan tinggi. hasilnya?
tes beasiswa gue lulus sampai tahap 1 saja, tes masuk UI dan ITB? sama, gue ga keterima.
sedih? bingung? marah? beberapa hal yang gue rasain. karena saat itu gue berpikir bahwa, selama ini aku sudah berusaha dan berdoa siang dan malam hanya untuk bisa masuk ke perguruan tinggi tersebut, tapi ternyata hasilnya malah nihil.

tapi, segera gue yakin bahwa semua ini sudah Allah SWT atur. kesuksesan gue, kegagalan gue sudah semuanya tertulis di lauful mahfudz.. segera gue berpikir kebelakang, gue inget ada satu formulir PMDK dari Institut Teknologi Bogor yang tak kunjung gue kirim, padahal kalau gue kirim formulir itu, gue pasti diterima jadi mahasiswa mereka. dulu gue tolak dengan alasan orang tua gue ga merestui gue kuliah disana. sekarang gue berpikir, kenapa gue dulu ga ngelawan aja ya sama mereka?? tapi lagi-lagi gue tertawa sendiri karena sadar, kesksesan gue itu asalnya dari restu orangtua.. (bener gak?) jadilah sekarang gue kembali ke Samarinda, dan kuliah disini tepatnya di Politeknik Negeri Samarinda dan yang bikin gue sampai sekarang kadang ga percaya, gue kuliah di jurusan TEKNIK KIMIA spesialisasi Petro dan Oleo Kimia.
haha.. gue sendiri kaget, padahal gue udah pernah bilang bahwa gue ga pengen kuliah di jurusan teknik. tapi gue inget juga, dulu gue pernah bilang dalam hati kalaupun harus teknik maka itu teknik kimia dan ternyata itu kejadian.

dari cerita gue ini, gue sadar Allah sudah mengatur jalan kesuksesan kita masing-masing, entah darimana jalannya, yang jelas kita harus bisa melihat kesempatan untuk sukses dari jalan yang Allah berikan. karena jika kita bisa memaksimalkan jalan yang telah Allah berikan, maka gue yakin gue bakal lebih sukses dari gambaran 'kesuksesan' yang selama ini aku pikirkan. amin

nah, gue cuma pengen berbagi satu hal, "punya imipian dan ambisi itu boleh dan wajib, tetapi kita harus ingat bahwa ketika mimpi itu ga tercapai bukan berarti kita gagal, melainkan Tuhan hanya memilihkan jalan lain untuk kita bisa sukses. ingat! satu impian yang gagal bukan berarti dunia berakhir dan kuliah bukan di perguruan tinggi ternama bukan berarti kita mahasiswa yang tidak bisa mengubah dunia.."

dan gue berharap selama gue kuliah di Politeknik ini, gue bakalan sukses dan bisa tetap ngebanggain kedua orangtua gue :)

-peace out!-

Jumat, 12 Maret 2010

Gawaat!!!

Kenapa ini?! huee..

kenapa blog aku ga bisa diliat dari hape.. T.T
Huee..

duh gimana neh?! ada yang tau kenapa?? T.T

Selasa, 09 Maret 2010

Ini Masalah Apa???

Ga tau kenapa akhir-akhir ini temen-temenku makin sering nyuruh aku untuk ngambil jurusan kedokteran, apalagi ketika jam biologi berlangsung, ketika aku menjawab pertanyaan yang sebenarnya mudah menurutku. mereka pasti bilang, "udah, Zal. jadi dokter aja.." dan hal-hal semacamnya yang mirip. memang sih aku tertarik ke jurusan ini, aku ga nolak, suka malah.. hehehe.. tapi cuma aku ga mau idealis aja.

yang jadi pikiranku saat ini, ketika mereka tau aku mau ngambil jurusan desain, lantas mereka bilang : "ih salah, Zal.. kamu itu ngambil dokter aja. kamu bagus dibidang dasar ilmu kedokteran, biologi, sekarang kalau kamu ga ngambil kedokteran berarti kamu menyia-nyiakan bakat yang udah Allah kasih.."

nah loo.. kan kesannya aku yang ga bener ni?? oke. kalau aku cukup bagus di ilmu biologi, tapi bukan berarti aku harus ngambil jurusan dokter kan??
aku berpikir jika kita bagus di suatu hal, bukan berarti kita harus ngambil hal itu kan??

Secara tes psikologi aku berbakat di dua hal : Kedokteran dan Desain. nah lo.. jadi apakah salah kalau aku mau ngambil jurusan Desain, bukannya Kedokteran??

intinya ya aku jalanin dulu lah.. aku ikhtiar aja, jika Allah mengizinkan insya Allah aku jadi mahasiswa kedokteran. Amin. (^-^)

Senin, 01 Maret 2010

Hari Pertama Program Intensif UN

Heeh... capee.. ternyata.. T.T

Hari pertama cukup menyenangkan sih, tapi ya masih agak lama persiapannya. maklum baru hari pertama.. dan belajar ala lesehannya itu loh bikin capee..
alhasil, gue yang mulai menunjukkan penurunan imun tubuh mulai lemes dah.. rasanya tadi udah mau pulang gitu. tapi gue kuat-kuatin sampe pelajaran selesai..

haaeeh.. dan disinilah gue; baring di tempat tidur, dengan badan panas-anget gitu..

i just hope that after i take a rest i'll be okay..

Minggu, 28 Februari 2010

Always A YES For Refreshing With Family

Haha.. disini si cane alias gue sendiri udah sampai di tahun ketiganya di SMA.. dan pastinya bulan depan tepatnya tanggal 22 Maret gue bakal ngehadepin yang namanya UN. Jadilah sekolah gue ngadain program Intensif gitu. dan itu dimulai senin besok.. ;)

hahaha.. dan hari ini gue malah jalan-jalan bareng mama papa gue, bukannya nyiapin buat besok ya?? anyway mama gue bilang refreshing itu juga penting, biar pikiran fresh lagi buat belajar. nah lo, bener juga ya? jadi akhir-akhir ini (tumben) kita jadi sering jalan gitu. kesannya happy family gitu dah.. hahaha. tapi minus kakak gue..

ya pokoknya gitu lah.. doain gue lulus UN ya! dan doain juga mudah-mudahan
cita-cita gue untuk kuliah di Jepang bisa tercapai.. AMIIIN!! ^-^

Kamis, 04 Februari 2010

HOW-TO Make A Good Video Clip for Amateurs

Tutorial ini adalah beberapa pengalaman tim kami dalam pengerjaan video klip kemaren. jadi, gue cuma mau sharing aja ke yang lain!! so, this is it.. by me, the director-wannabe.. ;)

1. selalu pastikan site atau lokasi pengambilan gambar yang kita gunakan AMAN! security is first.. nggak usah ngambil gambar ke tempat-tempat yang jauh, walaupun itu bagus kalau membahayakan. pasti ada tempat lain yang lebih atau sama bagusnya dengan lokasi yang kita inginkan plus keamanan lebih, entah itu dari orang asing di sekitar situ, dari lokasinya sendiri, dan lain-lain..

2. jangan pernah jadi chauvinist pig! anggota tin kita yang nggak membidangi suatu job/posisi atau kelihatannya gaptek atau cuma jadi tukang make-up, bukan berarti mereka ga bisa di bidang itu. malah ternyata kalau mereka coba, hasilnya bisa lebih bagus dari mereka yang memang ada di job tersebut. contoh : seorang make-up artist/pengarah gaya, belum tentu ga bis apegang kamera.. it's true guys!

3. ga selamanya anggota tim yang perfeksionis dan idealis itu menyebalkan. sometimes mereka bisa jadi penyemangat yang bagus untuk kesempurnaan scene video kita..

4. kadang ide bagus datang bukan disaat kita lagi memikirkannya. bisa kapan aja. dimana aja. jadi selalu siap catatan untuk menulis konsep videonya. keluarin aja semua hal lucu, gila, ga biasa, dll.. karena itu bisa jadi ide yang brillian!

5. video klip kita ga harus plek-plek-an mirip sama isi lagunya. memang sih ceritanya harus sejalan. tetapi bukan berarti kita ga boleh 'kreatif' dengan ceritanya kan?? yang penting, isi lagu itu ga hilang dan tergambar di video kita itu..

6. selalu siapkan plan B. maksudnya selalu siapkan cadangan tempat/lokasi pengambilan gambar yang kurang lebih sama dengan tempat yang kita maksud(atau malah beda sama sekali juga ga apa-apa). juga siapkan scene cadangan. misalnya, scene aslinya diambil saat cuaca cerah. ternyata tiba-tiba cuaca mendung dan hujan. kita bisa tetep take gambar tanpa harus kehilangan waktu dan merubah isi cerita..

7. izin jika memakai suatu tempat yang bukan tempat umum itu penting. selalu konfirmasi terlebih dahulu.

8. bikin schedule yang jelas! dan sebisa mungkin taati schedule itu.. ;)

9. jika kita menggunakan handycam, baterai cadangan itu penting. bisa aja ketika si artis lagi bagus aktingnya tiba-tiba kameranya mati karena batt-out!

itulah beberapa tips dari gue.. So, buat video klip?? siapa takut!!

Buat Video Klip???! Ah! Bisaa...

huaaha!! akhirnya kelas tiga juga neh gue... hehe..
oke jadi ceritanya, aku dapet tugas akhir kesenian yaitu "MEMBUAT VIDEO KLIP".. *TADAAA
So, terbentuklah sebuah tim yang beranggotakan aku, Dhani, Agung, Seta, Alvin, Nirmala, Ausi, dan Anis.. kita sempet bingung gitu mo pake lagu apa. sampai akhirnya pilihan jatuh pada lagu Hot N Cold by Katy Perry... dan pastinya kita langsung prepare semuanya. rekaman suara pun dimulai, yang ternyata hasilnya ga memuaskan!
*)udah keluar uang lagi!

dan sampai kira kira dua minggu lagi waktu yang tersisa untuk menyelesaikan tugas itu.. kita sempet bingung dan akhirnya bisa tebak pake lagu apa? dan pilihan jatuh pada lagu Rasa Ini by Vierra yang pada waktu kita briefing di rumahnya nirmala muncul di tivi. so, dengan segera kita rekaman suara hari itu juga sampai malam hari. dilanjutkan dengan pengambilan gambar yang memerlukan waktu kurang lebih dua minggu..

..dan akhirnya..

TAAADAAAA!!!!

Jadilah video klip kami yang keren banget!!! dengan total waktu pengerjaan dua minggu kurang.. we're should be proud of this, and yes we're proud!!!



PS: Link video klipnya ntar ku posting deh!! sabar ya!! ;)
PSS : Yang mau liat video klip nya, Cekidot, guys!!! click here!