Kamis, 04 Februari 2010

HOW-TO Make A Good Video Clip for Amateurs

Tutorial ini adalah beberapa pengalaman tim kami dalam pengerjaan video klip kemaren. jadi, gue cuma mau sharing aja ke yang lain!! so, this is it.. by me, the director-wannabe.. ;)

1. selalu pastikan site atau lokasi pengambilan gambar yang kita gunakan AMAN! security is first.. nggak usah ngambil gambar ke tempat-tempat yang jauh, walaupun itu bagus kalau membahayakan. pasti ada tempat lain yang lebih atau sama bagusnya dengan lokasi yang kita inginkan plus keamanan lebih, entah itu dari orang asing di sekitar situ, dari lokasinya sendiri, dan lain-lain..

2. jangan pernah jadi chauvinist pig! anggota tin kita yang nggak membidangi suatu job/posisi atau kelihatannya gaptek atau cuma jadi tukang make-up, bukan berarti mereka ga bisa di bidang itu. malah ternyata kalau mereka coba, hasilnya bisa lebih bagus dari mereka yang memang ada di job tersebut. contoh : seorang make-up artist/pengarah gaya, belum tentu ga bis apegang kamera.. it's true guys!

3. ga selamanya anggota tim yang perfeksionis dan idealis itu menyebalkan. sometimes mereka bisa jadi penyemangat yang bagus untuk kesempurnaan scene video kita..

4. kadang ide bagus datang bukan disaat kita lagi memikirkannya. bisa kapan aja. dimana aja. jadi selalu siap catatan untuk menulis konsep videonya. keluarin aja semua hal lucu, gila, ga biasa, dll.. karena itu bisa jadi ide yang brillian!

5. video klip kita ga harus plek-plek-an mirip sama isi lagunya. memang sih ceritanya harus sejalan. tetapi bukan berarti kita ga boleh 'kreatif' dengan ceritanya kan?? yang penting, isi lagu itu ga hilang dan tergambar di video kita itu..

6. selalu siapkan plan B. maksudnya selalu siapkan cadangan tempat/lokasi pengambilan gambar yang kurang lebih sama dengan tempat yang kita maksud(atau malah beda sama sekali juga ga apa-apa). juga siapkan scene cadangan. misalnya, scene aslinya diambil saat cuaca cerah. ternyata tiba-tiba cuaca mendung dan hujan. kita bisa tetep take gambar tanpa harus kehilangan waktu dan merubah isi cerita..

7. izin jika memakai suatu tempat yang bukan tempat umum itu penting. selalu konfirmasi terlebih dahulu.

8. bikin schedule yang jelas! dan sebisa mungkin taati schedule itu.. ;)

9. jika kita menggunakan handycam, baterai cadangan itu penting. bisa aja ketika si artis lagi bagus aktingnya tiba-tiba kameranya mati karena batt-out!

itulah beberapa tips dari gue.. So, buat video klip?? siapa takut!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar