Rabu, 20 Oktober 2010

Last Year On High School : It's Time To Make Decision

here am i, berdiri sekarang dengan tujuan yang lumayan jelas. Haha.. maksudnya gue mau cerita mengenai sedikit perjalanan hidup yang rasanya bisa gue bagi ke orang-orang.

masih inget dengan impian gue yaitu pengen kuliah di fakultas BIOLOGI! ya biologi. kalaupun enggak alternatifnya adalah kuliah di fakultas DESAIN, tepatnya di Desain Komunikasi Visual. hanya dua itu yang ada dipikiran gue selepas gue lulus dari SMA dengan hasil yang sangat memuaskan (kalau boleh dibilang). dan harus kuliah DI LUAR KOTA SAMARINDA! haha.. ya tapi itulah mimpi gue.

selepas SMA, gue udah segera mempersiapkan diri untuk tes masuk perguruan tinggi impian gue. ada dua perguruan tinggi yang gue incer : Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. dan tambahan ada satu peluang sekolah yang juga gue incer, yaitu Beasiswa kuliah di Jepang. singkat kata pergilah gue ke jakarta demi tes masuk perguruan tinggi. hasilnya?
tes beasiswa gue lulus sampai tahap 1 saja, tes masuk UI dan ITB? sama, gue ga keterima.
sedih? bingung? marah? beberapa hal yang gue rasain. karena saat itu gue berpikir bahwa, selama ini aku sudah berusaha dan berdoa siang dan malam hanya untuk bisa masuk ke perguruan tinggi tersebut, tapi ternyata hasilnya malah nihil.

tapi, segera gue yakin bahwa semua ini sudah Allah SWT atur. kesuksesan gue, kegagalan gue sudah semuanya tertulis di lauful mahfudz.. segera gue berpikir kebelakang, gue inget ada satu formulir PMDK dari Institut Teknologi Bogor yang tak kunjung gue kirim, padahal kalau gue kirim formulir itu, gue pasti diterima jadi mahasiswa mereka. dulu gue tolak dengan alasan orang tua gue ga merestui gue kuliah disana. sekarang gue berpikir, kenapa gue dulu ga ngelawan aja ya sama mereka?? tapi lagi-lagi gue tertawa sendiri karena sadar, kesksesan gue itu asalnya dari restu orangtua.. (bener gak?) jadilah sekarang gue kembali ke Samarinda, dan kuliah disini tepatnya di Politeknik Negeri Samarinda dan yang bikin gue sampai sekarang kadang ga percaya, gue kuliah di jurusan TEKNIK KIMIA spesialisasi Petro dan Oleo Kimia.
haha.. gue sendiri kaget, padahal gue udah pernah bilang bahwa gue ga pengen kuliah di jurusan teknik. tapi gue inget juga, dulu gue pernah bilang dalam hati kalaupun harus teknik maka itu teknik kimia dan ternyata itu kejadian.

dari cerita gue ini, gue sadar Allah sudah mengatur jalan kesuksesan kita masing-masing, entah darimana jalannya, yang jelas kita harus bisa melihat kesempatan untuk sukses dari jalan yang Allah berikan. karena jika kita bisa memaksimalkan jalan yang telah Allah berikan, maka gue yakin gue bakal lebih sukses dari gambaran 'kesuksesan' yang selama ini aku pikirkan. amin

nah, gue cuma pengen berbagi satu hal, "punya imipian dan ambisi itu boleh dan wajib, tetapi kita harus ingat bahwa ketika mimpi itu ga tercapai bukan berarti kita gagal, melainkan Tuhan hanya memilihkan jalan lain untuk kita bisa sukses. ingat! satu impian yang gagal bukan berarti dunia berakhir dan kuliah bukan di perguruan tinggi ternama bukan berarti kita mahasiswa yang tidak bisa mengubah dunia.."

dan gue berharap selama gue kuliah di Politeknik ini, gue bakalan sukses dan bisa tetap ngebanggain kedua orangtua gue :)

-peace out!-

1 komentar:

  1. wahh kita senasibb!!
    pengen banget kuliah di luar kota biar bisa ngerasain jadi anak kost, T.T ehh malah dapet di kota sendiri. ada sih dapet yang luar kota, tapi ortu ga ngijinin. dan seperti katamu tadi,
    *walau rada beda*
    restu orangtua adalah awal dari kesuksesan.

    BalasHapus