Minggu, 26 Mei 2013

Western Music Strikes Back!

I choose WEST!
try to be honest when you answer this question : when you only allowed to listen music from one person only for the rest of your life, will you choose music from Beyonce, Lady Gaga, Katy Perry and the other western musician OR you'll choose music from Agnes Monica, Raisa, Afgan, and the other indonesian musician??

Kalau jawaban lu adalah memilih musik Indonesia, you're doing great! keep doing that and keep support Indonesian music. Tapi buat lu yang memilih mendengarkan musik barat, we have the same answer bro. Gue nggak bilang kalau pilihan gue dan lu salah karena lebih memilih musik barat. tapi ada baiknya kalau lu mengerti pola pikir gue kenapa seperti itu. mungkin saja kita punya pikiran yang sama, atau kalau nggak mungkin saja pikiran gue bisa masuk ke sense of justice kamu dan kita punya pikiran yang sama :)

for some reason, i choose western music because its diversity. gue bisa milih lagu dan musik yang bisa bikin gue galau sampai musik dengan lirik yang "eeewwww" banget bikin mual. Kerennya lagi semua jenis musik itu dikerjakan dengan serius oleh musisinya seolah-olah itu adalah masterpiece. Gue bisa dengerin lagu-lagu cinta yang klise namun tetap puitis dan sounds great. Gue bisa dapetin lagu-lagu cheesy yang kadang polos dan konyol sih liriknya, tapi melodi dan beatnya nggak bisa dilupain begitu aja. With all of these quality, these are things that makes me choose western music.

nah dimata gue sebagai penikmat musik awam lah, musik indonesia belakangan ini malah mengalami penurunan dari segi kualitas dan kuantitas. apalagi ditambah dengan musik-musik yang cuma menggali dari satu jenis musik saja (dan beberapa yang juga masih mainstream). i am sick of those music! seakan-akan musisi indonesia inspirasi lagunya cuma dari cinta, pacaran, curhat, galau, PHP, nikah siri, selingkuh, PDKT, apalagi deh lu sebut aja sendiri.

Gue bukannya benci sama lagu Indonesia, but it's all about preferences. Satu bukti yang bikin gue yakin sama pernyataan gue diatas adalah coba aja lu liat di kompetisi nyanyi yang ada di televisi saat ini (X-Factor, The Voice). Silahkan lu hitung sendiri berapa total lagu barat yang dibawakan dibandingkan lagu Indonesia sendiri. Miris sih sebenarnya, apa kita udah kekurangan lagu yang "layak" dibawakan di kompetisi nyanyi kali ya? Bukti lain lagi, coba deh kalau kamu punya kenalan yang punya Band (anak band maksudnya) silahkan tanya influence musik mereka itu siapa dan darimana. Kalau influence mereka adalah musisi Indonesia semua, gue ngaku kalah. Tapi gue bisa yakin kalau Influence terbesar mereka kadang adalah musisi barat. That's why. Diri lu sendiri yang bisa menilai sih seberapa baik industri musik di negeri sendiri. Tapi untungnya, thank God, ada musik-musik indie or non indie (tapi bukan label mainstream). walaupun dari segi produksi mereka masih kalah dibandingkan major label, tapi menurut gue musik mereka lebih punya keunikan sendiri yang bikin asik untuk didengar. Lagu-lagu seperti ini masuk ke playlist musik gue dan setidaknya memberi gue harapan bahwa musik dan lagu Indonesia itu masih berkualitas. 

in the end gue percaya bahwa Indonesia memang punya musik-musik berkualitas. sebut aja Agnes, Padi, Raisa, Melly G, dan banyak musisi lain yang selalu menghasilkan musik bagus. Bahkan Grup paduan suara UI, Paragita, punya project untuk merekam musik-musik daerah Indonesia, kemudian banyak grup musik etnik Indonesia yang dah bolak balik ke luar negeri untuk tampil. itu semua adalah bukti Indonesian Music is GREAT!! Yang gue mau lihat adalah ketika musik Indonesia yang bener-bener INDONESIA yang dibawa go international. Gue mau lihat gamelan, sasando, musik etnik, musik jaman 80-90an yang bisa diperkenalkan ke dunia luar. bukannya orang luar yang malah excited sama musik indonesia trus diperkenalkan ke luar. kalau seperti itu dimana kebanggannya. Gue harap sih musisi Indonesia bisa ngebawa itu, bukannya punya mimpi go international dengn minta dukungan rakyat Indonesia tapi musik yang dibawain R&B, Jazz, Pop Dance, Elektro, dll. bukannya nggak boleh sih, tapi gue ngerasa lebih seneng dan bangga aja kalau ada musisi Indonesia yang bikin karir international lewat musik asli Indonesia. Bjork aja masukin gamelan ke dalam lagu-lagunya, masa musisi Indonesia nggak ada? #Nyindir. Namun sayangnya banget kadang musisi bangus kita malah ketutupan sama musik-musik yang sering keluar masuk televisi dan cuma mencari popularitas doang. Jadi lagu dengan lirik curhat super polos konyol nggak ada artinya itu lebih 'kedengeran' dan kesannya Indonesia sekarang cuma "menyuburkan" musik-musik seperti itu. Keep support Indonesian Musician dan buktikan dong kalau emang selera musik kamu itu keren!

Have a good day everyone! :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar