Jumat, 20 September 2013

Schlumbergerventure : Journey to Schlumberger (Part 1)


Hey guys. It's been a while :) sesuai namanya for this post i want to share some of my experience. Pada awalnya i know nothing about schlumberger too. Seriously and honestly. Just so you know this is completely okay, but if you already know about schlumberger it would be very great! Jadi modal awal pengetahuan gue soal schlumberger adalah cerita si mamah soal kerabat jauh gue yang kerja di schlumberger. Waktu itu gue mikirnya schlumberger itu perusahaan minyak asing sama kaya TOTAL, CHEVRON, dan lainnya. Padahal faktanya, they're completely different guys.

Schlumberger is a leading oil field and gas SERVICES AND PROVIDER since 1926. Schlumberger began to explore Indonesia in 1930. Sudah sekitar 87 tahun schlumberger ada di Indonesia dan mesti diingat bahwa ini adalah perusahaan JASA.  Schlumberger bergerak di sektor industri hulu, yang fokus pada bagaimana caranya reservoir dapat ditemukan, diproduksi, dan diangkat ke permukaan.  Jadi nggak aneh kalau ada schlumberger di sumur minyak milik PERTAMINA karena schlumberger penyedia jasa dan bisa disewa oleh perusahaan minyak yang memang membutuhkan teknologinya. Schlumberger punya tagline, "many culture, one dream, success without boundaries" karena schlumberger memang punya karyawan multicultural dan nilai di perusahaan ini yang gue suka banget, "People, Profit, and Technology". Dari penjelasan recruiter gue saat itu, schlumberger benar-benar melihar karyawannya sebagai aset yang wajib diutamakan. Mereka punya prinsip kalau tidak ada karyawan maka tidak akan ada profit untuk perusahaan. Maka dari itu kesejahteraan karyawannya dijaga betul oleh perusahaan. Kemudian teknologi yang selalu diutamakan menjadikan schlumberger perusahaan jasa migas nomor 1 di dunia. Overall, schlumberger punya beberapa segment dalam perkerjaannya. Ada wireline, drilling and measurement, well service, schlumberger information solution, artificial life, completion, testing, dan beberapa segment lain dengan tugas masing-masing. Lebih lengkapnya, jalan-jalan kesini deh.

Anyway, jadi sekitar bulan februari 2013, gue dapet sms yang isinya informasi kalau bakal ada recruitment employee schlumberger di kampus. Setelah ngobrol sama beberapa sahabat gue, akhirnya gue dan sahabat gue ini memutuskan ikut daftar proses recruitmentnya. Hari selasa, 19 september 2013 jam 8 pagi gue, Yayan (sahabat gue) dan sekitar 150 orang lainnya udah ngumpul di aula perpustakaan Politeknik Negeri Samarinda. Tim recruitment schlumberger dari Jakarta udah siap dan sebentar lagi bakal dimulai presentasi pengenalan schlumberger kepada para peserta (belakangan ini gue baru sadar dan bersyukur banget karena kampus gue termasuk salah satu kampus yang didatangi oleh tim recruitment schlumberger. Alhamdulillah ya Allah!). Recruiter pada pagi itu adalah Ibu Krisdiana Wardhono (thumbs up for Bu Kris!) dan Bapak Thamrin. *periode recruitment februari ini adalah periode recruitment terakhirnya Bu Kris karena saat ini Bu Kris menangani proses recruitment untuk experienced applicant. Setelah memperkenalkan diri, Bu Kris memulai pengenalan tentang schlumberger, sedikit sesi tanya jawab, dan menjelaskan prosedur recruitment hari itu. So guys, basicly proses recruitment schlumberger memiliki alur seperti  dibawah ini. Note : semuanya dilakukan menggunakan bahasa inggris:
1. 3 minutes communication/short interview
2. Technical test
3. Focus Group Discussion/Group Discussion
4. HR Interview
5. User Interview
6. Medical Test 
Nah gue jelasin satu per satu deh,

#1 : 3 minutes communication/short interview

Tes yang pertama ini kalau gue bilang adalah mengukur kemampuan komunikasi lu dalam bahasa inggris. Bagaimana lu bisa menyampaikan ide yang lu punya ke orang lain menggunakan bahasa inggris dan seberapa baik kemampuan bahasa dan komunikasi lu. Ini adalah kesempatan pertama lu ketemu dengan recruiter, jadi saran gue adalah MAKE IMPRESSION! Buat impresi baik akan diri lu ke para recruiter. Tunjukkan kemampuan bahasa dan ide yang baik agar nama lu diinget dan trust me guys, you have to kill for that great impression. Benar-benar dipersiapkan.

Bentuk interviewnya sendiri adalah lu ntar disuruh mengambil satu kartu diantara tumpukan kartu yang tersedia dan menjawab pertanyaan yang tertulis pada kartu tersebut. Inilah beberapa jenis pertanyaan yang bisa jadi gambaran buat lu:
· What do you know about presentation skill?
· What do you know about communication skill?
· What do you know about schlumberger?
· What do you know about time?
· What do you value the most in this world? And why?
Jenis-jenis pertanyaan singkat seperti ini yang akan muncul pada saat lu melakukan short interview. Tips untuk tes ini adalah jawablah dengan jawaban yang dipikirkan dengan baik, tidak terlalu terburu-buru, santai, ringkas, dan jelas. Try to keep smile while answering your question supaya terlihat santai dan tidak tegang. Setelah semua peserta selesai diwawancara, kita bakal menunggu hasil dari test pertama ini. Pada waktu gue dulu lumayan banyak yang gugur pada tes ini karena di schlumberger menurut recruiter gue pada saat itu adalah hal yang sangat penting. it's essential. So guys if you want to join in schlumberger make sure you practice your english. Kurang lebih 15 menit, hasil tes ditempel di pintu masuk ruangan recruitment dan alhamdulillah! Nama gue masuk. Let's move to the second test.


#2 : Technical Test

Tes yang kedua ini berupa tes tertulis. Subject yang diujikan disini adalah matematika, fisika-mekanik, fisika-listrik, beberapa soal psikologi. Rulesnya untuk tes ini Cuma satu, isi semua pertanyaan yang ada whether you know it or not. Maybe try to guess it. Tapi seriously guys, lu harus coba jawab semua pertanyaan yang udah diberikan . Kalau memang diakhir nanti lu udah mampet nggak bisa jawab pertanyaannya, ya coba aja tebak deh. Ketika lu jawab semua pertanyaannya seenggaknya lu udah bikin kesan bahwa sesulit apapun tantangannya, lu tetep memilih maju dan keep struggling for the solution. Bukannya ketemu soal susah dikit malah ditinggalin begitu aja. Kesannya begitu ntar ada pekerjaan yang sulit, lu udah nggak bisa handle. Sedikit masukan sih kalau memang mau, sebelum tesnya berlangsung satu minggu atau dua minggunya lu buka-buka bank soal UN atau SNMPTN deh karena kalau gue liat tipe soalnya mirip. Sama seperti tes pertama. Kita disuruh nunggu lagi sampai kira-kira 30 menit, hasil tes keluar dan ditempel di pintu masuk ruangan. Cukup rebutan pada saat gue mencoba untuk melihat hasil karena masih cukup banyak peserta waktu itu. Gue cari nama gue, dan alhamdulillah, nama gue kembali tercantum di kertas pengumuman. Setelah ini lu bersiap-siap untuk tes tahap ketiga.

#3 ; Focus Group Discussion/Group Discussion

Untuk tes yang ketiga ini para peserta yang lulus dari tes pertama dan kedua akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (sekitaran 5-6 orang), kemudian akan diberikan suatu proyek/kasus/permasalahan untuk nantinya harus diselesaikan oleh masing-masing kelompok. Dari beberapa informasi yang udah gue rangkum (blog, forum, dan informasi temen-temen) dan gue alamin, kita akan diberikan suatu proyek untuk "membuat" sesuatu. Pada waktu gue ikut recruitment, proyeknya adalah membuat prototipe rig dengan spesifikasi tinggi 100 cm, dan mampu menahan beban 10 buah baterai ukuran C. Bahan yang disediakan untuk masing-masing kelompok adalah beberapa lembar kertas A4, dan sebuah selotip bening. Disinilah skill problem solving lu bakal dinilai. Nah biasanya sebelum pengerjaan 'proyek' dimulai, tiap kelompok akan diminta berdiskusi (dalam bahasa inggris loh ya) soal rancangan proyek dan memilih satu leader dalam kelompoknya. Ketika lu yakin untuk menjadi leader, jangan ragu. Boleh menunjuk diri sendiri namun jangan sampai terlihat arogan. Akan lebih baik apabila kamu dipilih oleh sesorang yang lain :) Saran dari gue untuk tes tahap ketiga ini adalah be active but not overtalking. Jangan terlalu berbicara banyak namun aksi kamu nggak ada atau NATO. Jadi bicaralah cukup namun efektif. Ini akan membuat kesan yang baik. Dan jangan pernah, EVER, menjadi pahlawan bagi kelompok lu. Ketika ada yang disalahkan maka sudah otomatis menjadi kesalahan kelompok. Jangan pernah menyalahkan seseorang dalam kelompok. Intinya di tes ini adalah sejauh mana lu bisa bekerja dalam tekanan dan dalam kelompok. Apakah lu mampu berkompromi demi tercapainya tujuan akhir? Atau lu orang yang lebih suka mengerjakan semua pekerjaan sendiri agar hasilnya sesuai dengan standar yang lu punya sendiri di dalam kepala lu? Biasanya orang yang individual akan terlihat pada tes ini. Saran lagi, apapun yang ada dalam kelompok lu, bagaimana pun watak orangnya, kerjasama adalah nomor satu. Percayalah pada teman kelompokmu yang lain pada saat mengerjakan proyek, karena pasti akan ada pembagian job. Triknya apabila memang lu lihat masih ada yang kurang, segera lakukan perbaikan dan penambahan setelah mereka selesai mengerjakan tanpa harus menyuruh teman kelompokmu yang lain. Jadi jangan terlalu dominan tapi juga jangan pasif. This test is tricky, but if you really did well, you can be sure that you'll pass. Setelah selesai akan dilakukan penilaian dan presentasi kelompok. Setelahnya kembali kita akan menunggu hasilnya. 

ada satu lagi bentuk tes tahap ketiga yang mungkin saja lu alamin. tapi gue kebetulan nggak kena tes ini. gue kutip dari blognya bang Ryan, namanya games prioritas. Pada games prioritas, para peserta kelompok akan disuguhkan sebuah studi kasus tentang seseorang yang sedang berlayar di danau/sungai/laut dan tiba-tiba ada kejadian yang membuat kapal itu tenggelam. Di saat genting seperti itu, tersebutkan ada 10 alat yang tersisa seperti kompas, peta, korek api, minuman keras, dan lain-lain (cukup banyak referensi yang membahas ini, silakan kunjungi kaskus mengenai thread ini). Nah, tiap kelompok harus mendiskusikan tentang prioritas barang yang harus dibawa mulai dari yang terpenting hingga ke yang tidak terpenting.

Sore itu alhamdulillah nama gue kembali tercantum. Hingga tahap ini peserta yang tersisa sekitaran 20 orang dari awalnya 150 orang. Bersyukur banget gue bisa menyisihkan sebegitu banyak orang dan sampai pada tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya adalah tahap HR Interview, tapi untuk penjelasannya gue bakal masukin di postingan berikutnya ya guys. yang bikin hari itu gue seneng banget adalah temen gue yang menjadi panitia recruiting dari kampus sempet cerita ke gue disela-sela jam istirahat makan siang. Temen gue ini cerita kalau bu Kris (salah satu recruiter) bilang bahwa dia sudah punya jagoan untuk recruitment hari ini, dan temen gue bilang bahwa yang dijagokan oleh bu Kris adalah gue! alhamdulillah banget pas gue denger hal itu. inilah kenapa first impression lu harus bener bener baik biar recruiter lu bisa langsung inget ke lu :)

Gue harap postingan in dapat membantu buat lu yang memang pengen dan sedang menjalani proses recruitment sebagai tambahan informasi. Hope this will helps. At the end, wish the best for us! Have a good day! Cheers! :D

7 komentar:

  1. Hai
    Isi postingan lu detail banget
    Cara lu menyampaikan beneran asyik
    Hahaha

    Gue mau ikut seleksi vt slb rabu depan
    Boleh ga gue minta email lu untuk diskusi?
    Maaf ngerepotin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank youu sis.. Haha.. Seneng gue denger komen lu
      Alhamdulillah manfaat tulisan gue.

      Boleh banget, Put. Kesini aja rizaldi.pasukan8@gmail.com or rizaldi.fr@gmail.com either way is fine :D
      Good luck for seleksinya!

      Hapus
  2. Bro gue abis baca blog lo dan bermanfaat bgt.
    Gue 2 minggu lagi test FE Slb. pertama sih emg communication test. boleh dong diskusi2 supaya bisa juga lolos Slb kyk lo.
    Thanks

    BalasHapus
  3. Thanks a lot, Broo.. i am happy to share!
    boleh banget kalau mau diskusi, you know how to find me. Klik aja tab 'about me'..
    Good luck!

    BalasHapus
  4. Segmen mana nih bro?? Ane VT'14 nih.. Kali aja ketemu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue di Well Services, Frac&Stim brother :) Haha.. Sure! lanjut di email aja lebih asik kali yak! send me one and i will try to reply it ASAP :) Thanks for coming and reading!

      Hapus
  5. Thanks for your information Bro...
    It's really helpful

    BalasHapus